maestro pop indonesia

  Chrisye, nama lahir Christian Rahadi, setelah menjadi mualaf Chrismansyah Rahadi (Jakarta, 16 September 194930 Maret 2007) adalah seorang penyanyi pop Indonesia. Mulai bermusik ketika bergabung sebagai bassist dengan band Gipsy, ia lalu menjulang lewat lagu “Lilin-lilin Kecil” di sekitar tahun 1977 dan Badai Pasti Berlalu setelah bersolo-karir sebagai penyanyi. Beberapa lagunya yang populer adalah “Ketika Tangan dan Kaki Berkata”, “Badai Pasti Berlalu”, “Aku Cinta Dia”, “Hip Hip Hura”, “Nona Lisa”, dan “Pergilah Kasih”.

Awal karir Chrisye dimulai pada tahun 1970 saat bergabung pada bergabung dengan keluarga Nasution di Komunitas Gank Pegangsaan. Bermain sebagai bassis dan vokalis pada band Sabda Nada yang dimodali oleh Pontjo Sutowo. Sempat di kontrak untuk bermain di New York selama 2 tahun sebelum terlibat dalam proyek rekaman Guruh Gipsy. Kemudian diminta oleh prambors untuk menyanyikan lagu “Lilin Lilin Kecil” karya James F. Sundah dalam Lomba Cipta Lagu Remaja yang meskipun tidak menjadi pemenang namum menjadi lagu yang hits pada masa itu. Hal lain yang makin membuat nama chrisye makin bersinar pada akhir tahun 70-an adalah setelah membuat soundttrack film Badai Pasti Berlalu bersama Jockie Surjoprajogo dan Eros Djarot.

Tahun 1982 adalah tonggak buat kehidupan chrisye, pada tahun itu ia menjadi mualaf dan menikahi Yanti Noor. Yanti Noor adalah anggota keluarga Noor Bersaudara,profesi yang sama dengan chrisye dalam musik.
Tahun 1995, Chrisye memperoleh BASF Legend Award atas pengabdiannya terhadap musik Indonesia selama ini. Pada tahun 2002, ia meluncurkan album Dekade di mana dia menyanyikan kembali sejumlah lagu lama.

Sejak 31 Juli 2005, Chrisye harus dirawat di rumah sakit di Singapura karena mengidap kanker paru-paru. Awalnya dalam pemeriksaan di Jakarta, dia disebut terkena infeksi paru-paru, namun ternyata pemeriksaan lebih lanjut di Singapura memberikan hasil bahwa penyakit yang dideritanya adalah kanker.

Dari pernikahannya dengan Damayanti Noor, Chrisye memperoleh empat orang anak.

Chrisye meninggal dunia pada 30 Maret 2007, pukul 04.08 WIB di Jakarta akibat sakit Kanker paru-paru yang dideritanya, dan dimakamkan di TPU Jeruk Purut.

~ by setyobd88 on August 29, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: